Penjelasan Tentang DHCP Server dan Cara Kerjanya

Pengertian Tentang DHCP

Pengertian DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah sebuah protokol yang berbasis arsitektur Client dan Server artinya Server memberikan alamat IP Address pada suatu jaringan demi mempermudah pengalokasian IP kepada komputer yang memintanya jadi tidak harus melakukan Setting IP Address secara manual karna akan memakan waktu yang banyak. Semua komputer yang terhubung ke jaringan DHCP akan mendapatkan IP, tidak hanya IP parameter lainnya seperti Default Gateway dan DNS server akan terpasang secara otomatis jika DHCP sudah di konfigurasi dengan benar. Prinsip DHCP adalah dimana ada Server artinya ada Client, Komputer yang memberikan IP Address disebut DHCP Server dan yang menerima IP Address disebut DHCP Client.

dhcp
CONTOH TOPOLOGI DHCP

Tahapan - Tahapan DHCP Memberikan IP Address ke DHCP Client 

Terdapat empat tahapan dalam proses DHCP berikut ini penjelasannya:

  1. IP Least Request - Client akan mencari dhcp server yang sedang berjalan atau berkerja jika client sudah menemukan server makan client akan langsung meminta ip address kepada dhcp server untuk digunakan dan terpasang secara otomatis.
  2. IP Least Offer - DHCP Server menjawab permintaan dari client lalu memberikan nomer ip address yang masih tersedia di database dhcp server
  3. IP Lease Selection - Client memilih IP yang sudah diberikan oleh dhcp server lalu client akan mengirimkan pesan untuk konfirmasi kepada dhcp server
  4. IP Lease Acknowledge - DHCP Server memberikan jawaban dari pesan yang dikirim sebelumnya oleh dhcp client tentang konfirmasi nomer ip address serta informasi lainnya secara bersamaan dengan Default Gateway dan Subnet Mask setelah itu IP Address dicoret pada daftar pool.
Itulah pengertian tentang DHCP semoga bermanfaat untuk teman - teman semua.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Tentang DHCP Server dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel